Wednesday 15 December 2010

“Visa ituh….” Boody Backpacker menjawab.


Selain harus memiliki paspor, kita juga harus memiliki visa untuk bepergian ke luar negeri (untuk Negara-negara tertentu). Visa itu beda loh sama paspor. Visa itu sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh negara yang memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Visa biasanya berbentuk stiker yang ditempel di halaman dalam paspor.
Visa ini juga ada macem-macem. Ada visa kerja, visa belajar, visa wisata, visa kebudayaan, de el el. Kalo mau buat backpackeran sih biasanya cuma pake visa kunjungan wisata.
Tapi, tidak semua Negara yang kita kunjungin (untuk orang Indonesia) mewajibkan kita memiliki visa. Ada beberapa Negara yang memberikan bebas visa kepada orang Indonesia, ada juga yang Cuma mewajibkan punya visa pas nyampe Negara tujuan yang disebut visa on arrival.
Untuk memasuki Negara-negara maju, pada umumnya kita harus mengurus visa jauh2 hari sebelum kita berangkat ke Negara tersebut. Caranya, mengajukan permohonan visa ke kantor kedutaan negera yang mau kita kunjungin. Setiap Negara melalui kedutaannya punya kebijakan yang berbeda dalam hal pemberian visa. Makanya, sebelum apply visa, ada baiknya kita menghubungi keduataan besar Negara tersebut untuk mengetahui syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa.
Sepengalaman saya sih paling ribet kalo harus ngurus visa ke Negara-negara Eropa. Syaratnya lumayan banyak dan sedikit repot. Apalagi kalo ngurus visa ke Amerika Serikat. Kadang-kadang orang harus gigit jari karena aplikasi visa mereka ditolak.
Dokumen utama yang perlu dilampirkan dalam permohonan visa kita adalah: paspor, foto 4x6, print out bookingan tiket pesawat, asuransi perjalanan, surat rekomendasi dari tempat kerja atau kampus, surat sponsor dari luar negeri (kalau ada), rekening Koran, bukti pembayaran permohonan visa dan akte kelahiran. Tapi setiap Negara punya kebijakan tersendiri, jadi kadang kala kita harus melampirkan dokumen lain sesuai dengan peraturan mereka.
http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Visa.jpg
Perlu diingat bahwa, kalau kita mengajukan permohonan visa, ada kemungkinan permohonan visa kita akan ditolak. Hal itu bisa karena banyak kemungkinan, contohnya dokumen kita tidak lengkap atau kita emang sudah dalam daftar black list di Negara tertentu. Jadi sebelum visa kita dapatkan, jangan pernah beli tiket pesawatnya dulu.

No comments:

Post a Comment