Friday 3 December 2010

“Cara memanfaatkan lakban selama perjalanan itu …” Boody Backpacker menjawab.

Sebagai seorang backpacker, kita perlu membiasakan diri bepergian tanpa segala fasilitas rumah. Hal ini sangat penting untuk melatih kemandirian dan kreatifitas kita sebagai seoarng backpacker.

Salah satu alat yang ajaib dan sangat berguna bagi para backpacker adalah lakban. Banyak backpacker yang senantiasa membawa benda ini kemana pun mereka pergi. Jangan kira lakban itu Cuma berguna buat tukang foto kopi dan jilid skripsi. Ternyata banyak loh manfaat dari lakban itu.

Berikut ini ada beberapa manfaat lain dari lakban saat kita sedang traveling. Cekidot!

1. Menjaga badan agar tetap hangat
Lakban dapat digunakan sebagai insulator dan penahan udara. Biasanya kalo kita bepergian pada saat winter, lakban ini sangat berguna untuk membantu kita menahan dinginnya udara. Banyak orang yang menemperi pakaian mereka dengan lakban agar anger kencang dan udara dingin tidak tembus langsung ke dalam tubuh kita. Tips ini biasanya diamalkan oleh para pemain ski di daerah yang bercuaca ekstrim.

2. Perban luka:
Kalo dalam perjalan kita kena luka sobek, lakban ternyata efektif juga menjadi salah satu alat P3K. Ambil aja tissue toilet dan letakkan di atas luka kita (tentunya pake cairan antibiotic biar aman). Abis itu, balut deh pake lakban biar mantep lengket di kulit kita. Biar lukanya aman gitu! 

3. Menambal barang-barang sobek
Nah, semisal ada barang2 kita yang sobek, misalnya tas, kita bisa pake lakban untuk nutupin sobek di barang2 kita. Daya rekat lakban yang kuat sangat membantu untuk hal-hal yang urgen kayak gitu. Apalagi pada saat kita camping, lakban bisa digunakan untuk menambal tenda-tenda yang rawan sobek.

4. Mencegah lepuh:
Kalo kita berjalan kaki dalam waktu yang lama, kadang2 ujung jari kaki kita mengalami lecet yang nantinya bisa bikin kulit kita melepuh. Atau lutut kita yang lecet gara-gara kebanyakan jalan atau ngayuh sepeda. Buat mencegah hal tersebut terjadi, lakban bisa diandalkan untuk mencegah kulit kaki kita dari gesekan dalam sepatu. Gak enak kan kalo harus backpackeran dengan kaki melepuh! 
5.  Alas kaki tahan air:
Kadang dalam perjalanan kita harus melalui tempat berlumpur atau kondisi basah. Bungkus aja sepatu kita dengan lakban untuk menjaga kaki kita biar tetap kering dan sepatu kita bisa menjadi tetep relatif bersih.

6. Jadi alat pengaman
Dalam kondisi yang gawat darurat, kita bisa menggunakan lakban untuk mengamankan uang dan dokumen penting lainnya. Apalagi kalo kita melewati daerah yang rawan copet. Lakban bisa diandalkan untuk membantu kita mengamankan barang2 kita. Coba deh bungkus uang dan passport kita dalam pelastik trus tempelkan ke badan kita dengan lakban. Jadinya kayak tas pinggang itu loh, tapi ini akan lebih tipis dan tak bisa dideteksi oleh sang copet.

7. Alat pengaman bagasi
Untuk mengamankan tas bagasi kita, gak ada salahnya juga kita melilitkan lakban di backpack kita biar gak gampag dibuka oleh orang. Pilihlah lakban yang kualitasnya bagus supaya tidak meninggalkan bekas kalo direkatkan di tas kita.

8. Membuat string atau tali:
Dengan hanya lakban lipat vertikal (menghubungkan sisi lengket) kita bisa secara efektif membuat tali. Kadang kala kan kita butuh tali buat jemuran atao apa pun itu, lakban yang disambung-sambung dari dieratkan bersama ini bisa menjadi alternative pengganti tali pada saat kita camping atau dalam perjalanan backpacking.

Tips lengkapnya bisa dibaca di sini




No comments:

Post a Comment