Tuesday 23 November 2010

“Barang Bawaan Saat Backpackingan itu…” Boody Backpacker menjawab.

Sebagai seorang backpacker, sudah wajib hukumnya kita membawa barang yang tidak terlalu banyak dan merepotkan. Soalnya nanti bisa bikin sengsara di jalan! Untuk itu seorang backpacker harus bisa memilih dengan cermat barang apa saja yang sebaiknya dibawa saat bepergian, terutama bepergian yang memakan waktu yang cukup lama dan jauh.

Berikut ini adalah beberapa barang yang Boody biasa bawa saat backpackeran. Pkoknya disarankan ada di dalam backpack kita.

1.    Pakaian ganti.
Kalo ini sih udah jelas banget ya harus bawa. Masak mau pakai baju yang nempel di badan doang untuk beberapa hari. Backpacker itu harus bersih biar gak sakit. Juga biar bisa dapat gandengan juga kalo lagi traveling sendirian, hehhe. Tapi usahan pakaian yang dibawa adalah pakaian2 yang sesuai karakter cuaca di tempat tujuan kita. Kalo winter ya harus bawa pakaian yang tebal dan juga pakaian ketat (manset, legging) buat nahan dingin. Kalo pas musim panas, bawalah pakaian yang berbahan ringan biar gak kepanasan. Tidak direkomendasikan untuk membawa jins, karena itu bikin berat back pack kita. Apalagi kalo harus dicuci bakal lama keringnya. Celana pendek atau celana lapangan kudu dibawa juga. Jangan lupa juga bawa pakaian dalam. Lebih enak sih kalo bawa disposal underwear (panty) jadi gak usah repot nyuci kalo pakaian dalam kita terbatas.

2.  Dokumen perjalanan
Kalo gak bawa ini nih bisa gawat darurat! Pkoknya jangan sampe deh lupa bawa dokumen perjalan kita. Contohnya: passport, KTP, asuransi perjalanan, tiket pesawat, dan lain sebagainya. Sebaiknya barang-barang penting ini jangan dimasukin di dalam back pack kita, tapi disimpan di tas kecil yang senantiasa kita bawa kemana-mana. Sebaiknya sebelum berangkat, dokumen2 tersebut dicopy dulu biar jaga2 kalo sampe ilang. Kan repot kalo gak punya kopiannya!

3.    Toiletries/Peralatan mandi
Biar gak repot, bawalah peralatan mandi secukupnya saja. Pasta gigi, sikat gigi, shampoo, dan sabun cair adalah wajib dibawa. Jangan lupa bawa handuk juga. Kebanyak packpacker sih bawa handuk yang mirip kanebo (yang biasanya buat ngelap mobil motor/motor). Alasanya sih udah jelas, biar lebih praktis dan gak usah repot-repot dijemur abis dipakai. Tapi kalau mau bawa handuk biasa, bawalah handuk ukuran kecil.
Sehabis mandi juga harusnya kita pakai pewangi badan (deodorant/parfume), body lotion, dan lip balm. Gak usah keki bawa barang2 gituan. Ini untuk kebaikan kita juga kok. Backpacker kan harus wangi juga. Lotion dan lip balm bisa mencegah dari kulit kering dan bibir pecah-pecah saat jalan-jalan. Apalagi kalo saat musim dingin. Kedua barang ini sangat berguna.

4.    Gadget
Untuk mengabadikan moment perjalanan kita, jangan lupa bawa kamera digital. Pastika memorinya masih banyak. Kalo perlu bawa memori cadangan. Pastikan juga bawa battery yang bisa di-charge. Untuk itu jangan lupa bawa charger battery.
Charger hand phone juga jangan sampai ketinggalan. Usahakan handphone kita selalu hidup biar bisa menghubungi siapa saja saat kita dalam keadaan emergency.
Biar gak bosan dalam perjalanan, khususnya saat naik kereta atau bis, bawalah mp3 player yang berisi lagu2 kesayangan kita biar perjalanan kita lebih ceria.
Gak usah bawa laptop kalo lagi backpackeran. Sudah pasti kita akan kerepotan jagain biar gak dicuri atau rusak ketumpuk barang2 lainnya. Mending bawa hard-disk external aja untuk menyimpan dokumen2 dalam bentuk soft copy dan nyimpan foto.
Yang paling penting nih, bawa adaptor (colokan) listrik yang berkaki tiga. Apalagi kalo di luar negeri, semua colokannya punya tiga bolongan soalnya. Kalo gak ini kan kita gak bisa charge handphone, ipod, dan barang elektronik lainnya.

5.    Sendal jepit
Sendal jepit dipakai saat kita ke kamar mandi. Biasanya backpacker kan nginap di hostel yang gak nyediain sandal kayak di hotel mewah. Nah, biar nyaman saat ke kamar mandi, sandal jepitnya jangan sampi ketinggalan.

6.    Sarung, matras, dan sleeping bag
Selain dipakai buat sholat bagi yang muslim, sarung ini juga punya banyak fungsi. Dalam keadaan emergency, sarung ini bisa dipakai sebagai selimut, seprei, atau alas. Tapi kalo emang sarungnya mau dipakai beribadah, bawa aja 2 sarung. Satu buat sholat satunya lagi buat yang lainnya. Sarung bali juga oke tuh dibawa.
Tapi kalao tipe perjalanan kita sedikit outdoor, jangan lupa bawa sleeping bag dan matras biar tidurnya lebih nyaman.

7.    Bantal leher
Nah, bantal leher ini sangat berguna banget kalo kita lagi perjalanan jauh naik bisa, kereta, atau pesawat. Biar lehernya gak tegang dan biar bisa tidur pulas, bawa aja bantal leher. Sebaiknya bawa bantal leher yang bisa diisi udara sendiri, biar praktis.

8.    Pisau multifungsi

Jangan dikira bawa pisau trus kita mau masak-masaka. Gak bok! Pisau multifungsi ini bisa dipakai dalam segala keadaan karena memiliki mata pisau yang punya fungsi masing2. Bisa buat motong2, buka tutup botol soda dan wine, dan lain2. Pkoknya berguna banget dah!

9.    Lakban
Percaya gak percaya, lakban ini banyak fungsinya loh. Kalo di Negara-negara yang bersuhu dingin, biasanya orang-orang memakai lakban untuk menahan dingin. Kayaknya sih bisa dipake buat nge-wax bulu kaki juga, hhehee. Tapi yang jelas, lakban sangat membantu pada saat ada barang bawaan kita yang rusak atau sobek.

10. Lain-lain
Barang lain yang disarankan untuk dibawa adalah buku catatan kecil dan pulpen buat nulis diary, botol minuman, topi, slayer, sun glasses, paying/jas hujan, obat pribadi (balsam, minyak angin, dll), dan saos sambal kemaan sachet bagi yang suka dengan makanan pedas.

Kalo semua hal diatas sudah dipenuhi dan lengkap, artinya kita sudah siap berangkat. Tapi sebelum berangkat pastikan bahwa kondisi kesehatan kita dalam keadaan baik, jangan dipaksa untuk melakukan kegiatan berat sebelum memulai perjalanan kita, karena badan bisa lelah dan gaksemangat saat traveling.

Kalau ada barang2 lain yang direkomendasikan untuk dibawa saat traveling, silahkan dishare ya! Mari traveling bersama Boody Backpacker!

No comments:

Post a Comment